-->
3578a22b502bb80662f7e28f4a51cf8017cd1985fda006c7063e73beae6ee08e22be4545aa9de87f

Asuransi Pensiun, Perlukah ?

6/03/2020 Posted By: Admin Maringngerrang - Add Comment
Asuransi Pensiun, Perlukah ?

Pensiun adalah sebuah kata yang tidak asing didengar oleh kita. Pensiun adalah suatu keadaan dimana seseorang sudah tidak lagi produktif atau bisa dibilang sudah tidak bisa bekerja dan memperoleh penghasilan. Usia orang yang pensiun biasanya berkisar antara 60 sampai dengan 70 tahun. Setiap orang pasti akan mengalami tua dan pensiun sehingga tidak sedikit dari kita yang takut serta khawatir karena tidak akan tidak bisa lagi memperoleh penghasilan untuk anak cucu. Untuk menjawab kecemasan tersebut, maka jasa asuransi pensiun adalah jawabannya.

Menjalani masa pensiun dengan hidup bahagia adalah harapan setiap insan. Dengan asuransi maka semua akan teratasi.

Perkembangan Asuransi Pensiun

Asuransi pada awalnya dibuat untuk proteksi untuk melindungi akibat-akibat dalam hal keuangan yang akan muncul jika orang yang tertanggung meninggal dunia. Contohnya jika ada pegawai meninggal dunia maka perusahaan asuransi akan memberikan proteksi berupa santunan yang biasa disebut dengan uang pertanggungan atau UP yang diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Dalam perkembangannya asuransi kini tidak hanya menjual produk dengan sifat proteksi saja namun kini telah digandeng dengan produk yang bersifat investasi. Sekarang ini yang paling populer di masyarakat Indonesia adalah unit link dimana nantinya selain proteksi dia sekaligus juga bisa berinvestasi. Sebagai contoh apabila Anda mengambil polis namun kemudian dalam waktu 10 tahun anda meninggal dunia, maka ahli waris atau keluarga yang Anda tinggalkan akan mendapatkan uang pertanggungan sejumlah 100 juta. Nah inilah yang disebut dengan proteksi. Namun jika dalam waktu 10 tahun tersebut Anda masih diberi kesehatan maka anda tetap akan mendapatkan uang 100 juta tersebut setelah 10 tahun sejak anda mengambil polis. Nah itulah yang disebut dengan unsur investasi.

Manfaat dan Contoh Ilustrasi Dana Asuransi Pensiun

Untuk lebih jelasnya mengenai dana asuransi pensiun maka di sini akan diberikan ilustrasi ketika Anda sudah memiliki asuransi pensiun dan masa pensiun Anda sudah tiba.

Contohnya, Anda sekarang berumur 30 tahun serta tidak mempunyai kebiasaan merokok dan bekerja dalam kantor. Anda berinisiatif untuk ikut asuransi pensiun dengan memotong gaji bulanannya 1 juta/ bulan selama kurun waktu 10 tahun. Maka jumlah yang ditabungkan dalam kurun waktu 10 tahun tersebut adalah 120.000.000. dihitung dengan cara 1juta x 12bulan x 10tahun dan hasilnya 120.000.000. dengan asuransi maka Anda akan mendapat keuntungan besar.

Keuntungan pertama yaitu dana yang anda investasikan tersebut berpeluang untuk berkembang menjadi 158.900.000 dalam waktu 10 tahun. Namun jika anda tidak mengambilnya maka jumlah tersebut bisa berkembang menjadi 856 juta ketika Anda berusia 55 tahun (kurun waktu 25 tahun) dan juga bisa menjadi sejumlah 3 miliar ketika Anda berusia 65 tahun. Keuntungan yang kedua yaitu perlindungan kesehatan, jika Anda dirawat di RS lebih dari 2 hari sejumlah maksimal 1 juta per hari atau 150,5 juta per tahun. Keuntungan ketiga yaitu perlindungan cacat tetap sejumlah 260 juta serta perlindungan terhadap 33 macam penyakit tergolong kritis sebesar 100 juta. Keuntungan ke empat yaitu warisan untuk keluarga sejumlah 250 juta atau 500 juta jika Anda meninggal karena kecelakaan sebelum menginjak usia 60 tahun.

Segera putuskan untuk masa tua cerah Anda dengan mengikuti program asuransi pensiun dengan berbagai jaminan dan manfaat yang juga akan berguna bagi Anda serta keluarga tercinta Anda.

Sumber: mag.co.id
View: - Tags: Asuransi