3578a22b502bb80662f7e28f4a51cf8017cd1985fda006c7063e73beae6ee08e22be4545aa9de87f

Memilih Asuransi Kesehatan Anak

6/03/2020 Posted By: Admin Maringngerrang - Add Comment
Memilih Asuransi Kesehatan Anak

Orang tua tentu saja menginginkan yang terbaik untuk buah hati mereka. Tidak hanya memberikan cinta, kasih sayang, perhatian dan pendidikan yang baik tetapi juga mempersiapkan rencana ataupun persiapan untuk kehidupan mereka kelak. Salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan mereka adalah dengan memberikan asuransi. Asuransi untuk anak yang paling sering dibicarakan adalah pendidikan. Akan tetapi, di artikel ini, asuransi pendidikan bukanlah topik yang dibahas melainkan asuransi lain bernama asuransi kesehatan anak. Berikut beberapa tips untuk memilih asuransi yang terbaik untuk kesehatan buah hati anda.

Ajukan asuransi saat buah hati anda masih sehat

Pilih asuransi kesehatan anak pada saat buah hati anda masih dalam keadaan sehat. Hal ini dikarenakan ketika penerima polis dalam keadaan sehat, lembaga asuransi akan semakin besar menerima pengajuan asuransi yang anda ajukan. Hal ini dikarenakan lembaga asuransi merupakan lembaga yang bergerak di bidang profit. Jika penerima asuransi sudah sakit maka besar kemungkinan uang yang akan dikeluarkan lembaga itu lebih besar daripada uang yang anda bayarkan. Hal inilah yang menjelaskan kenapa lembaga asuransi bukanlah sebuah lembaga sosial. Terlebih lagi terdapat ketentuan bernama pre-existing condition—atau kondisi sebelum mengajukan asuransi. Di ketentuan ini, anda haruslah menulis penyakit yang sudah diderita oleh buah hati anda. Beberapa lembaga asuransi tidak akan menanggung penyakit yang sudah diderita oleh pemegang polis. Akan tetapi beberapa diantaranya masih mau menanggung dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Ajukan asuransi sedini mungkin

Mengajukan asuransi kesehatan anak sedini mungkin akan meringankan beban yang anda bayarkan. Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan di lembaga asuransi bahwa semakin bertambah umur maka risiko sakit akan semakin bertambah pula. Maka tidaklah heran semakin tua anda semakin besar biaya premi yang harus dibayarkan. Dengan demikian, anda sebagai orang-tua lebih baik mengajukan asuransi kesehatan anda sedini mungkin.

Perhatikan harga premi dan fasilitas yang ditawarkan

Memilih asuransi kesehatan anak yang baik adalah meninjau terlebih dahulu asuransi yang anda ambil, harga dan fasilitas. Hal ini dimaksudkan supaya anda tidak terjebak dengan tawaran atau iming-iming premi yang murah. Anda juga sebaiknya tidak terkecoh dengan fasilitas yang terlihat menarik seperti yang berbentuk cash plan. Anda harus pastikan sebelum membeli. Tidak ada premi murah tapi anda mendapat fasilitas mewah. Biasanya, premi yang mahal memberikan fasilitas yang lebih lengkap dan baik untuk anda. Anda perlu untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing asuransi dan menimbang yang terbaik. Terlebih anda perlu memperhatikan kemampuan finansial yang anda miliki.

Fokus pada kebutuhan dan kemampuan

Kebutuhan yang dimaksud di sini adalah kebutuhan tunjangan asuransi yang anda rencanakan. Untuk anak biasanya asuransi yang menanggung rawat inap, vaksinasi dan rawat jalan. Oleh karena itu, sesuaikanlah asuransi yang anda ambil sesuai dengan kebutuhan. Tawaran dengan fasilitas mewah tapi terlalu berlebih justru akan membebani anda secara finansial. Kemampuan yang dimaksud di artikel ini adalah kemampuan anda dalam membayar baik premi maupun harga yang tidak ditanggung oleh asuransi. Jika anda hanya mampu mendapatkan kelas dua tentu anda lebih baik memilih tipe asuransi yang setingkat kamar asuransi kelas dua saja. Jangan memilih asuransi kelas VIP yang nantinya akan merugikan diri anda sendiri. Oleh karena itu pemahaman dan fokus pada kebutuhan dan kemampuan sangatlah penting untuk diperhatikan dalam memilih asuransi kesehatan untuk buah hati anda.

Sumber: mag.co.id
View: - Tags: Asuransi